Pentingnya Membacakan Dongeng Sebelum Tidur pada Anak

Hallo Moms, para ibu, siapa yang suka membacakan dongeng sebelum tidur untuk putra-putrinya? 

Selalu semangat ya Moms! Karena kebiasaan membaca dongeng sebelum tidur ini memberikan banyak manfaat loh? 

Yup! Membaca dongeng sebelum tidur berperan penting dalam tumbuh kembang bayi dan anak-anak 

Mengapa membaca dongeng penting untuk bayi dan anak-anak?

Salah satu alasannya karena dengan berbagi cerita, berbicara setiap hari maka dapat membantu stimulus perkembangan anak dalam banyak hal.





Membaca dongeng memberikan banyak kebaikan. Dari mendengar cerita, anak dapat terbantu mengenal bunyi, kata, dan bahasa, serta mengembangkan keterampilan literasi sejak dini. 

Dengan literasi yang baik, maka akan lebih mudah bagi anak-anak membangun kecintaan mereka untuk belajar,  menghargai buku dan cerita, serta memicu imajinasi anak. 

Membaca dongeng juga penting karena dapat merangsang rasa ingin tahu serta membantu mengembangkan otak anak.

Membaca dongeng juga telah diteliti dapat merangsang kemampuan untuk fokus, konsentrasi, keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi anak. 

Anak-anak akan lebih mudah mempelajari perbedaan antara 'nyata' dan 'khayalan' serta membantu anak memahami peristiwa baru atau menakutkan.

Emosi kuat yang menyertainya secara umum juga  membantu anak belajar tentang dunia, budaya mereka sendiri, dan budaya lain.

Mendongeng cerita dengan anak juga tidak berarti kita harus membaca dari buku saja loh Moms! Saat ini banyak sumber untuk mendapatkan materi mendongeng.

Tidak harus menjadi pendongeng yang hebat, yang terpenting anak dapat memahami dongeng yang dibacakan. Bayi dan anak kecil suka menikmati buku, lagu, dan cerita dengan rima, ritme, dan pengulangan yang baik. 

Nah, jadi bagaimana Moms? Lanjutkan terus ya kebiasaan membaca dongeng untuk anak sebelum tidurnya.

No comments