Mengenalkan Konsep Uang Sesuai Usia Anak

Mengenalkan anak-anak tentang uang. Apa yang harus Saya ajarkan tentang uang?

Para ahli keuangan mengungkapkan untuk mengetahui kebiasaan uang yang baik pada seseorang dapat telusuri kembali ke pembelajaran masa kecilnya. Pun dengan kebiasaan keuangan yang buruk ini juga dapat ditelusuri kembali ke pembelajaran masa kecil. 

Ya, memang setiap anak berbeda, namun demikian ada beberapa tonggak perkembangan yang dapat membantu memandu apa yang harus diajarkan kepada mereka dan kapan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk mengelola uang mereka secara efektif sekarang dan di masa depan. 




Anak-anak yang lebih pandai mengelola uang cenderung memiliki orang tua atau pengasuh yang berbicara dengan mereka tentang uang dan memberi mereka tanggung jawab untuk membelanjakan dan menabung sejak usia dini. 

Dan sebagai orangtua, menjadi sangat penting untuk luangkan waktu memikirkan kebiasaan keuangan pada dirinya sendiri. Ketika anak-anak dapat mengembangkan keterampilan keuangan mereka, semakin cepat pula mereka dapat mulai mengasah keterampilan tersebut.

Faktor usia menjadi indikator penting dalam mengenalkan konsep uang pada anak. Karena inilah cara memberi anak-anak awal dalam menyiapkan mereka untuk menang dengan uang pada usia berapa pun.

Anak-Anak Berusia Tiga dan Empat Tahun.

Ini adalah usia anak-anak prasekolah, boleh mulai kenalkan bentuk uang kepada mereka, dan mulai berbicara serta mengajukan pertanyaan atau menjawab tentang, apa itu uang? Untuk apa uang? Darimana uang? Bagaimana menggunakan uang? Dan lain-lain.

Pada usia ini yang dilakukan adalah upaya memberi pemahaman. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak membahas uang ketika mereka melihat ibu memegang uang, berbelanja, atau kegiatan lain dengan uang. 

 Anak-anak usia ini belum dapat memahami dengan baik apa itu uang dan konsep uang, maka sebaiknya tidak dibiarkan memegang uang sendiri apalagi sampai bertransaksi, jual beli, tolong beli ini itu ke warung misalnya. 

 Anak-Anak Usia Lima dan Enam Tahun

Pada usia ini mereka mulai mengembangkan, dengan mengenal akan pemahaman tentang angka yang lebih dalam, matematika dasar.

Anak-anak usia ini mampu memperhatikan lebih lama dan lebih detail. Usia ini adalah titik awal yang tepat untuk beralih dari bermain-main dan mulai menunjukkan pengetahuan konsep uang dengan lebih baik. Anak berusia tujuh dan delapan tahun. Mereka mulai merasakan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan.

Ini adalah usia yang tepat untuk berbicara tentang uang. Sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Anak-anak dapat dikenalkan dengan uang saku atau uang jajan. 

 Anak Usia 6-8 tahun

Pada tahap usia ini, uang menjadi hal yang harus menyenangkan untuk anak, orangtua dapat mulai mengintegrasikan lebih banyak keterampilan yang berhubungan dengan uang ke dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menabung untuk membeli mainan baru atau mengubah perilaku belanja yang tidak produktif. 

Orangtua dapat membantu mereka belajar tentang bagaimana bertanggung jawab dengan uang mereka juga dapat memberi ketenangan pikiran saat mereka menjadi lebih mandiri dalam pengambilan keputusan. 

Usia 9 hingga 12 tahun 

Pada usia ini anak menginginkan kemandirian. Jadi, orangtua dapat fokus untuk membuat mereka bertanggung jawab atas pembelanjaan dan pilihan mereka tentang uang.

Buat keputusan terkait uang dengan lantang sehingga mereka dapat mendengarkan. Misalnya, mengapa memilih sabun mandi merek toko A daripada merek yang lebih terkenal, atau mengapa harus pilih yang lebih murah dan lain-lain. 

No comments